Capaian

Raihan Penjangkauan dan implementasi program kerja Yayasan KARISMA

Komunitas yang dilayani berdasarkan kelompok usia

Tahun 2020 Karisma berhasil menjangkau 5606 penerima manfaat yang terdiri dari pengguna napza suntik, pengguna sabu dan pasangan penggun napza. Penerima manfaat Karisma masih digolongkan sebagai penduduk muda, karena lebih dari 95% merupakan usia produktif (15-65 tahun). Kategori usia mayoritas ialah 31-40 tahun (28%) dan didominasi oleh Pengguna Napza suntik. Kategori usia terbanyak kedua ialah usia 21-30 tahun. Namun ditemukan pula kelompok muda yang berusia 15-20 tahun walau hanya 2% dari total penerima manfaat.

Jumlah Penerima manfaat berdasarkan kategori dan gender

Penerima manfaat KARISMA didominasi oleh pengguna napza suntik yang berjenis kelamin laki-laki. Sedangkan penerima manfaat berjenis kelamin perempuan mayoritas merupakan pasangan dari pengguna napza baik penasun maupun pengguna napza lainnya. Hal baru yang ada di tahun 2020 ini ialah adanya waria pada pengguna sabu, walaupun jumlahnya cukup sedikit namun hal ini membuka peluang baru untuk Karisma memperluas cakupan intervensi.

ODHIV yang dilayani berdasarkan kelompok usia

Terdapat 2123 ODHIV berhasil di damping pada tahun 2020. Variasi rentang usia di dominasi oleh usia 31 40 tahun (53%), lebih dari separuh ODHIV berusia 31-40 tahun. Rentang usia 41-50 tahun merupakan yang terbanyak kedua (26%), dan jumlah ODHIV dengan rentang usia 15-20 tahun merupakan jumlah yang paling sedikit diantara semuanya.

Jumlah ODHIV yang dilayani berdasarkan kategori dan gender

Jika dilihat berdasarkan gender, populasi ODHIV, penerima manfaat, Karisma didominasi oleh laki-laki pada kategori penasun, pengguna shabu, pengguna napza dengan dua atau lebih zat yang digunakan, dan pada penasun jumlah ODHIV laki-laki lebih banyak dengan kategori lainnya. Untuk perempuan, populasi ODHIV terlihat pada kategori pasangan pengguna napza dan berikutnya ada pada pengguna shabu.